Persepsi Masyarakat Terhadap Konservasi Spesies Riparian di Tepi Sungai Porong, Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Rulik Oktaviani Jurusan Biologi Fakultas MIPA
  • Bagyo Yanuwiadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelestarian dan pemanfaatan spesies riparian serta spesies yang berpotensi sebagai fitoremidiator pada vegetasi riparian di Tepi Sungai Porong, Kabupaten Sidoarjo. Kajian persepsi masyarakat dilakukan dengan wawancara menggunakan rubrik wawancara yang terdiri dari empat variabel (pengetahuan, sikap, tindakan, dan persepsi). Data kualitatif dari hasil wawancara diubah menjadi kuantitatif dengan Skala Likert. Kualifikasi persepsi tiap variabel terdiri dari sangat baik, baik, cukup, buruk, sangat buruk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di area dekat Tambak mempunyai persepsi paling baik terhadap vegetasi riparian. Hal ini ditunjukkan oleh persentase responden paling besar pada aspek pengetahuan (80%) dan tindakan (72%) dengan kategori baik, serta aspek sikap (92%) dan persepsi (94%) dengan kategori sangat baik. Masyarakat di keempat area belum ada yang mengetahui peran vegetasi riparian sebagai fitoremediator. Namun, dengan persepsi yang baik di tiap area mampu meningkatkan upaya pelestarian vegetasi riparian yang berperan penting sebagai fitoremediasi di Daerah Aliran Sungai Porong.

References

Suwondo, E. Febrita, Dessy, & M. Alpusari. 2004. Kualitas biologi perairan Sungai Senapelan, Sago dan Sail di Kota Pekanbaru berdasarkan Bioindikator Plankton dan Bentos. Jurnal Biogenesis. 1(1):15-20.

Nurry, A.M.F. & I.M. Anjasmara. 2014. Kajian Perubahan Tutupan Lahan Daerah Aliran Sungai Brantas Bagian Hilir Menggunakan Citra Satelit Multi Temporal (Studi Kasus: Kali Porong, Kabupaten Sidoarjo). GEOID. 10(1): 70-74.

Yuniar, D.W., T.W. Suharso, & G. Prayitno. 2010. Arahan Pemanfaatan Ruang Pesisir Terkait Pencemaran Kali Porong. Jurnal Tata Kota dan Daerah. 2(2):63-74.

Kocher, S.D. & R. Harris. 2007. Riparian Vegetation. ANR Publication. 8240 1-7.

Sudarmono. 2010. Zona Riparian dalam Areal Bakal Kebun Raya Sambas; Suatu Kajian Vegetasi dan Hidrologi. Prosiding Seminar Nasional Limnologi V:345-355.

Kamal, F. 2009. Hubungan antara Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Rumah Tangga tentang Pengelolaan Sampah dengan Perilaku Pembuangan Sampah pada Masyarakat Sekitar Sungai Beringin di RW 07 Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Tahun 2009. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Semarang. Skripsi.

Asmara, Y. & Suhirman. 2012. Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Kegiatan Ekowisata Kampung Cikidang Desa Langensari Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. A SAPPK V V1N2. 568-579.

Oktaviani, R. dan Bagyo, Y. 2016. Analisis Vegetasi Riparian di Tepi Sungai Porong, Kabupaten Sidoarjo. Biotropika, 4(1):25-31

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan, (edisi revisi). Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Rakhmat, J. 1996. Psikologi Komunikasi. CV. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sofyan, M. 2012. Persepsi Masyarakat Kelurahan Sumbergedang Kabupaten Pasuruan tentang Manfaat Ritual Mandi Kembang bagi Kehamilan. Jurusan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya. Malang. Skripsi

Downloads

Published

2016-12-30

Issue

Section

Articles