Analisis Pertumbuhan Dua Varietas Tanaman Padi (Oryza sativa L.) Pada Berbagai Perlakuan Pemupukan

Erningtyas Widyaswari, Mudji Santosa, Moch. Dawam Maghfoer

Abstract


Peningkatan pertumbuhan tanaman padi dapat dilakukan melalui pemberian stimulan organik dan pupuk anorganik dan juga penggunaan varietas yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh pemberian pupuk dan penggunaan varietas dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman padi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2016 sampai dengan Juli 2016, di Dusun Sekarputih, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu dengan ketinggian 700 m di atas permukaan laut. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan 2 faktor yaitu varietas padi (V) dan dosis pemupukan (P) yang diulang 3 kali. Pengamatan yang diamati ialah indeks luas daun, laju asimilasi bersih dan laju pertumbuhan tanaman pada 49, 63, 77 dan 91 hst. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman padi dengan menggunakan varietas hibrida Mapan-P.05 didapatkan hasil indeks luas daun lebih tinggi dibandingkan varietas Ciherang. Perlakuan pemberian pupuk dengan dosis 100 kg phonska+100 kg urea+biourin sapi (P4) dan dosis 100 kg phonska+100 kg urea+biourin sapi+EM-4 (P6) menghasilkan indeks luas daun yang lebih tinggi dibandingkan dengan perlakuan EM-4 (P3) pada umur 63 hst.

Keywords


Padi, Pupuk, Varietas, Analisis Tumbuh

Full Text:

PDF

References


Irianto, G. S. 2009. Peningkatan Produksi Padi Melalui IP Padi 400. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Jakarta.

Satoto. 2011. Teknologi Perakitan Padi Hibrida Menggunakan Metode Tiga Galur. Tidak dipublikasi.

Virmani, S.S. and I. Kumar. 2004. Development And Use Of Hybrid Rice Technology To Increase Rice Productivity In The Tropic. Int. Rice. Res. Note 19(1):10-19.

Widyaswari, E. 2016. Pengaruh Biourin Sapi dan Pupuk Anorganik pada Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.). Skripsi. FP UB. Malang.

Wati, Y.T., E.E. Nurlaelih dan M. Santosa. 2014. Pengaruh Aplikasi Biourin Pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) Jurnal Produksi Tanaman 2(8) : 613 – 619.

Yulhasmir. 2009. Konsentrasi EM4 (Effective Microorganisme) dan Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung (Zea mays. L.) dengan Sistem Tanpa Olah Tanah. Agronobis 1(1):1-11.

Buhaira. 2009. Pertumbuhan dan Hasil Padi (Oryza sativa L.) yang Dibudidayakan Secara Sri pada Beberapa Waktu Penyiangan Gulma. Jurnal Agronomi 13 (1): 25-32.

Asmarhansyah dan N. Yuliani. 2011. Uji Adaptasi Beberapa Padi Hibrida di Lahan Sawah Irigasi Barito Timur, Kalimantan Tengah. Seminar Nasional: Reformasi Pertanian Terintegrasi Menuju Kedaulatan Pangan.

Lakitan, B. 2001. Dasar-dasar Fisiologi Tumbuhan. Grafindo Persada. Jakarta.

Sudana, M., G.N.A.S. Wirya, dan P. Sudiarta. 2012. Pemanfaatan Biourin Sebagai Biopestisida dan Pupuk Organik pada Usaha Budidaya Tanaman Sawi Hijau (Brassica rapa var. parachinensis L) Organik. Laporan Penelitian Tahun I. Universitas Udayana. Denpasar.

Wahid, T. S., A. I. Latunraa, Baharuddin, dan A. Masniawatia. 2013. Optimalisasi Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi Hijau Brassica juncea L. Secara Hidroponik dengan Pemberian Berbagai Bahan Organik Cair. Universitas Hasanudin. Makasar.

Mungara, E., D. Indradewa dan R. Rogomulyo. 2013. Analisis Pertumbuhan dan Hasil Padi Sawah (Oryza Sativa L.) Pada Sistem Pertanian Konvensional, Transisi Organik, dan Organik. Vegetalika 2(3) : 1-12.

Gardner, P. Franklin, B. R. Pearce, dan Roger, L. M. . Fisiologi Tanaman Budidaya. 1991. Penerbit Universitas Indonesia (UI Press). Jakarta.

Amilia, Y. 2011. Penggunaan Pupuk Organik Cair Untuk Mengurangi Dosis Penggunaan Pupuk Anorganik Pada Padi Sawah (Oryza Sativa L.).Skripsi. Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Jawa Barat.

Andreeilee, B. F. 2015. Pengaruh Kombinasi Bahan Organik dan Berbagai Dosis Azola (Azolla Pinnata) Pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi (Oryza Sp.) Varietas Ciherang. Tesis. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya.

Suprayogi dan Ismangil. 2004. Laju Akumulasi Bahan Kering, Kemampuan Serapan N, P dan Na Beberapa Varietas Padi pada Cekaman Garam, Perlakuan Nitrogen dan Phosphat. Jurnal Agronomika (4)1:11-17.

Kasryno, F. 2004. Reposisi Padi dan Beras dalam Perekonomian Nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Jakarta. Hlm. 3- 13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.